jump to navigation

Mesin Vario Techno 125 Dengan ESP Engine 6 Maret 2012

Posted by autoblogindonesia in AHM, ATPM, Honda, New Bike 2012.
Tags: , ,
trackback

Honda Vario Techno 125 injection yang baru diluncurkan kemarin menggunakan mesin baru. Mesin ini dikembangkan sebagai mesin global dengan konsep Enhanced Smart Power (ESP) engine untuk digunakan pada skubek Honda di seluruh dunia.

ESP engine ini mengusung terobosan teknologi baru, yang paling berbeda tentunya pada kapasitas mesinnya. Skubek baru ini mengadopsi piston berdiameter 52,4 mm dan stroke 57,9 mm. Hasilnya kapasitas ruang bakarnya menjadi 124,8 cc.

Tenaganya mencapai 11,3 PS pada 6.500 rpm dan torsinya 1,1 kgf.m di 5.000 rpm. Meski powernya besar, dengan dukungan injeksi PGM-FI konsumsi bahan bakarnya tetap hemat. Honda mengklaim tembus 52,1 km/liter hasil tes dengan metode ECE R40. Emisinya juga melebihi standar Euro3.

Kombinasi tenaga, torsi dan konsumsi bbm terbaik ini dicapai dengan diterapkanya konsep efisiensi. Caranya dengan langkah mengurangi gesekan antar komponen dan pendinginan yang maksimal. Misalnya dengan aplikasi roller rocker arm dan needle bearing, offset silinder serta penggunaan piston yang lebih ringan agar gesekan makin minim.

Digunakannya teknologi spiny sleeve yaitu permukaan berduri di bagian luar blok silinder juga membuat pelepasan panas di ruang bakar lebih maksimal.

“Liquid cooler-nya memiliki radiator core lebih banyak untuk mendapatkan efisiensi pendinginan lebih baik, jadi kipas radiator bisa dipasang yang lebih kecil dan ringan tanpa membebani mesin,” ungkap Kenichi Sueda, Large Project Leader Global Engine for Next Generation 125 cc Scooter Honda R&D co.ltd Motorcycle R&D Center.

Ruang bakarnya juga didesain untuk menggabungkan kecepatan pembakaran dengan performa pendinginan yang maksimal, sehingga mampu menjaga torsi terus baik di putaran mesin yang sering digunakan pengendara mesin 125 cc. Honda menyempurnakan ruang bakar dengan membuat air intake baru yang memiliki efisiensi volumetrik terbaik.

Mesin ini juga didukung dengan breather structure, sebuah lubang pernafasan uap mesin. Dengan lubang ini panas dari dalam mesin bila lebih lancar mengalir keluar membuat putaran mesin makin ringan.
Pada transmisi automatik continuously variable transmission (CVT) dirancang memiliki ratio lebih lebar. V-belt baru dikembangkan dengan karet yang memiliki elastisitas tinggi. Efeknya mampu mengurangi selip dan memperpanjang umur sabuk karet ini.

“CVT-nya juga dilengkapi dengan cooling fan baru. Dengan turbo cooling fan, pendinginan di CVT lebih maksimal,” jelas Kenichi Sueda. Rumah final gear transmisinya juga disempurnakan, sistem pelumasannya jadi lebih baik.

Yang terakhir adalah dipasangnya ACG starter. Menggabungkan starter dengan magnet untuk pengapian dan sistem pengisian. Mesin jadi lebih ringkas karena tidak lagi memerlukan dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi starternya. Jadi jangan kaget kalau starter Honda Vario Techno 125 PGM-FI jadi sangat halus dan tidak berisik!

About these ads

Komentar»

1. tio - 12 Maret 2012

perasaan kalo stater halus dah lama dimiliki yamaha dan suzuki…knapa honda baru saja memulainya aneh… padahal yang di honda pcx udah halus lhoo…. kan keluar lbh dulu tuh….

lutfi - 13 Maret 2012

iya betul sekali…aneh.. sbnrnya ada apa tuh?

jajang - 28 Maret 2012

JGN ANEH CING HONDA TETEP PALING BAGUS LAH DIBANDING YAMAHA SAYA SDH COBA DARI MIO SAMPE XION SPRE PARTNYA CEPET RUSAK BEDA DENGAN HONDA GAN OK-OK SAJA LOE PADA G BISA BIKIN G USAH KOMEN CING DIEM SAJA LAH KAU

2. Pramesti - 16 Maret 2012

Lumayan mantab juga.

3. indra aditya - 20 Maret 2012

kan di vario yg baru bagian mesin di tengah kebuka ya, apakah itu aman kena air jika di bersihkan ?

jajang - 28 Maret 2012

PABRIKAN ITU ORANGNYA INSINYUR SMUA COY SUDAH TAU AMAN LAH KETIMBANG LOE PADA GAPTEK

rendi saputra - 21 Juni 2012

Honda tetap no 1

4. rendi saputra - 21 Juni 2012

jngan samakan Honda dngan Yamaha ,,,
karna honda lebih dulu di banding Yamaha,kawasaki,suzuki,
honda pertama di jepang thn 1946
sedangkan yg lain
kawasaki thn 1949
suzuki thn 1952
yamaha thn 1953

5. Jermika Simarmata - 2 Juli 2012

HONDA PALING OK…..

6. Pro Gram - 5 Juli 2012

Aduduh…. dah salah semua….. Yang pastinya Vario sangat jauh kurang dibanding yamaha yang sekarang, Vario ini lebih berat dibandingkan yamaha Mio J atau Soul GT, juga pemakainya harus orang yang lebih tingginya 160 cm, ukuran keleluasaan pijakan kakinya gak nyaman, terus lari 60 km ke atas pake acara nyendat dulu hampir saja gua gak bisa nyalip, Mungkin FI nya gagal, tapi ya itu mekanik lebih tau….. terus yang capeknya lagi Tuh jok ato kayu… kok kerasnya bukan main, jalan baru beberapa kilometer aja udah panas b***ng gua….. tapi pas gua minjem Soul GT temen… wah nyaman banget, spontan dan untuk larinya gak perlu diragukan lagi, Honda sudah tua dah bisa istirahat Yamaha kan masih muda jd Teknologinya semakin canggih apalagi FI nya.

beat bandung comunity (BBC) - 3 Januari 2014

ya iya lah yamaha bisa ngebut tegana nya besar wong mkan minyak nya juga boros…. pling irit cma 1 : 55 km….. trus lau dah panas tnaga nya hilang….. buat jalan jauh lbih dari 70 non-stop km dan mulai lemes…..

sdang kan honda ngebut memank kurang… tap lau buat tenaga jangan di tanya…. lau urusan irit. ada tuh honda yang bisa nembus 1 : 115 km…. tegana nya msh kuat tuh wlapun dah jalan lbh dari 70 km non-stop….

coba bndingin antara beat ma all tipes mio…. mana yang lebih irit..??????
cba jg bndingin kapasitas isi full tank nya….. mana yang lebih ramah ma kantong…????

lau buat masalah irit smua orng pun dah tau siapa yang plng irit dlm msalh knsomsi BBM…… dan itu pun mank dah kyk gt d keadaan yang sbnarna…. dan anda tidak bisa memungkiri itu sedikit pun…. :D :D :D :D

beat bandung comunity (BBC) - 4 Januari 2014
7. aankrooster - 6 Juli 2012

Jang..ane mau kredit motor donk.. Qiqiqi..

8. bieber - 16 Agustus 2012

gan gan,,,, bangga bgt ya,, ma yamaha,,, …
yang jelas,,, orang jepang sana berfikir untuk meningkatkan teknologi terbaru nya,,,,
kita ni tinggal make aja,,,, udah lah,,,, …
untuk teknologi jelas HONDA no 1 na,…..

9. marcel - 6 Desember 2012

yg penting buktinya bung,knapa d vario busi cpt koit alias modar, brarti produk gagal n honda blm siap pakai injek,kasian deh honda.

10. roeli - 21 Desember 2012

mosok to crooot…?

11. roeli - 21 Desember 2012

pokoknya onda…eh salah…HONDA mksdnya…..hehehehe…oh iya gan…pengalaman ane pake yamaha mio selama 3 th sangat 2009 sangat menyiksa banget..karena suspensinya sangat keras alias gk bisa lentur enak spt honda(Beat/Vario) apa suspensinya yamaha emg dari pabrikanya di buat keras ya…tarikanya jg kalah ama beat…untungnya insya allah besok laku…jd biar yg beli nantinya yg gantian di siksa ma tu mio…hwaakakakakakakakaka…..

12. roeli - 21 Desember 2012

ane jg punya motor kesayangan n siapa tahu agan2 minat…ane mau numpang jual Honda CB kesayangan ane gan…udah full modifikasi…plat B bekasi, mesin teger punya n udah di chrome…tangki honda dream 350 plus chrome, stater tinggal pencet lgsung Blaarrr…shock depan Yamaha Byson,Shock belakang Tirev, Arm Krom Tirev, Foot Step Belakang Honda Mega Pro,lampu depan HD super terang banget, penasaran…hubungi ane di 081335111775, oya…kalo kmana mana pasti jd pusat prhatian…gk percaya boleh cob gan…hheehehehehe….salam CB…Blaaarrrr….Bllaaaarrr…..

13. teguh - 21 Desember 2012

ajang adu komen nih, klo kamu kamu orang merasa tau, jago, pintar, kenapa kaga bikin sendiri tuh motor, merk baru, dah lah jgn saling menjelekkan. semua yang bikin motor itu orang pintar semua jd jgn pada sok tahu dech

14. Pradha - 9 Januari 2013

Enakan BEAT aja, kecil dan lincah… :)

15. best friend gifts - 2 April 2013

When some one searches for his essential thing, so he/she wants to be available that in detail, thus that thing is maintained over here.

16. Billy - 18 Juni 2013

Nga ada yang bisa nyaingin Msin dan technology HONDA
Siapapun yuang beli Motor HONDA nga bakalan nyesel rasakan keymanan dan kehandalan Technolgy HONDA yang lebih baik dari yang lain. (HONDA emang (y) )
yang lain Ijection tapi mesin boros, lemot Yahh kecewa lah yang merasakan motor kyk gitu


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: