jump to navigation

Pasar Mobil Indonesia Diprediksi Akan Terbesar Di Asia Tenggara 19 Januari 2012

Posted by autoblogindonesia in ATPM, News.
Tags:
trackback

JAKARTA: Pasar mobil Indonesia diprediksi menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dengan volume penjualan 1 juta unit pada tahun ini. Hal ini dapat tercapai jika kondisi ekonomi global pulih.

Hal itu diungkapkan oleh Vice President Automotive and Transportation Practice Asia Pacific Frost & Sullivan Vivek Vaidya, dalam seminar Indonesia Automotive Outlook 2012, yang digelar lembaga riset itu, Rabu 18 Januari 2012.

Selain kondisi perekonomian global yang pulih, Vivek berpendapat ada beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi tercapai atau tidaknya target penjualan 1 juta unit pada tahun ini.

Faktor lainnya adalah terkait dengan kompetisi dari pabrikan-pabrikan asal Korea dan China. Persaingan ini, menurutnya, dapat berdampak lebih lanjut pada persaingan harga di pasar.

Selain itu, sambungnya, penundaan kebijakan pembatasan BBM bersubsidi yang rencananya diberlakukan pada April 2012 akan dapat meningkatkan tingkat percaya diri konsumen.

Adapun, pengenalan low cost and green car pada tahun ini juga dapat meningkatkan penjualan, karena program ini memungkinkan para pengguna sepeda motor beralih untuk membeli mobil.

Namun, urainya, kemungkinan untuk tercapainya 1 juta unit pada tahun ini masih relatif rendah. Dia memperkirakan tahun ini paling tidak pasar mobil di Tanah Air tumbuh moderat 6,5% menjadi 948.500 unit.

Pasar tahun ini, menurutnya, akan didorong oleh pertumbuhan penjualan kendaraan penumpang sebesar 6%menjadi 638.000 unit, serta kendaraan komersial sebesar 7,5% menjadi 310.500 unit.

Dia memperkirakan ada beberapa faktor kunci yang mempengaruhi industri otomotif Indonesia sepanjang tahun ini, a.l. pertumbuhan ekonomi, pembatasan bahan bakar bersubsidi, tingkat daya beli konsumen, suku bunga acuan, dan rasio investasi.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan peluncuran model-model baru akan meramaikan pasar dan meningkatkan volume penjualan. Setidaknya, 25—30 model akan diluncurkan pabrikan kendaraan pada tahun ini.

“Pabrikan Jepang seperti Toyota, Honda, dan Suzuki akan menjadi yang terdepan dalam memperkenalkan model-model baru,” katanya. Dia memperkirakan ada 15—20 model yang diluncurkan pabrikan tersebut.

Adapun, urainya, pabrikan lainnya seperti Ford, Hyundai, BMW, dan Proton akan memperkenalkan lebih dari 2—3 model, guna semakin menandai keberadaannya di industri otomotif Indonesia.

Di acara yang sama, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Indonesia Jongkie D. Sugiarto, menyebutkan asosiasi itu berhati-hati dalam menetapkan target penjualan 2012, yakni pada kisaran 920.000—940.000 unit. (bas)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: