jump to navigation

Penjualan Toyota Di Auto2000 Melonjak 15 Mei 2012

Posted by autoblogindonesia in ATPM, News, Toyota.
Tags:
trackback

Penjualan Toyota di Auto2000, diler utama Toyota milik PT Astra International Tbk, pada Januari – April melonjak 23,1% dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama 2011.

Data yang diperoleh Bisnis menyebutkan penjualan Auto2000 pada periode tersebut mencapai 102.124 unit dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama 2011 sebesar 82.950 unit.

CEO PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Auto2000) Jodjana Jody mengatakan peningkatan penjualan disebabkan membesarnya permintaan konsumen menyusul adanya pengaruh isu kenaikan harga mobil dan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi.

Konsumen, ujarnya, juga cenderung mempercepat pembelian mobil untuk mengantisipasi kenaikan uang muka murni minimum menjadi 25% – 30% pada semester II. Isu kenaikan harga BBM bersubsidi pada 1 April, ujarnya, sebelumnya sempat membuat konsumen meningkatkan pesanan mobil baru pada Maret.

Kenaikan uang muka pada 15 Juni, tuturnya, akan memicu nilai mobil yang dibayarkan konsumen untuk transaksi awal meningkat jadi 35% – 40% dari total harga mobil per unit.

Karena itu, cicilan awal berpotensi menjadi semakin besar dibandingkan dengan patokan uang muka murni yang masih berlaku saat ini.

“Kalau terjadi kenaikan uang muka murni, daya beli konsumen bisa menurun. Sebelum uang muka naik, mereka memanfaatkannya dengan memaksimalkan pembelian pada April,” tutur Jodjana kepada Bisnis hari ini.

Jika diperinci, penjualan Toyota di Auto2000 pada Januari mencapai 22.608 unit dan meningkat jadi 26.350 unit pada Februari. Pada bulan berikutnya, penjualan mencapai 26.229 unit dan naik lagi jadi 26.937 unit pada April.

Toyota Avanza menjadi kontributor terbesar Auto2000 dengan total penjualan 49.172 unit (48,15%), disusul Kijang Innova 21.597 unit (21,15%) dan Fortuner sebesar 5.589 unit (5,47%).

Sisanya sebesar 25,23% dikontribusikan dari model-model lain termasuk pada segmen sedan, SUV, dan kendaraan niaga. Dengan akumulasi penjualan pada 4 bulan pertama, Auto2000 berkontribusi 77,95% dari total penjualan Toyota yang pada periode tersebut mencapai 131.012 unit.

Total pencapaian pada 4 bulan pertama Toyota tersebut tumbuh 23% dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama 2011 sebesar 106.514 unit.

Selama ini, Auto2000 merupakan diler utama Toyota yang menjangkau wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jatim, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan dan sebagian Sumatra.

Dalam mendukung penjualan dan layanan purnajual, PT Toyota Astra Motor (TAM) dibantu oleh lima diler utama yang membawahi para diler di seluruh Indonesia.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: