jump to navigation

Penjualan Honda Motor Kuartal I Naik 11% 9 April 2013

Posted by autoblogindonesia in AHM, Honda.
Tags:
trackback

Honda Verza 2013

PT Astra Honda Motor membukukan penjualan kendaraan roda dua sebanyak 1,2 juta unit pada kuartal I/2013 atau tumbuh sekitar 11% dibandingkan pencapaian periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada segmen motor sport, yakni mencapai kisaran 80%.

Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), memaparkan penjualan motor Honda trennya meningkat dalam tiga bulan terakhir. Menurutnya, pada Januari jumlah motor Honda yang terjual sekitar 398.000 unit, dan meningkat menjadi 399.000 unit pada Februari dan 410.000 unit pada Maret.

“Total penjualan motor Honda pada kuartal I tahun ini lebih dari 1,2 juta unit, masih tumbuh jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (7/4).

Apabila merujuk pada data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), dimana total motor Honda yang terjual pada kuartal I/2012 sebanyak 1,06 juta unit, maka AHM mencatatkan pertumbuhan penjualan sekitar 11% pada periode Januari-Maret tahun ini.

Thomas memperkirakan performa positif kemungkinan tak hanya dialami oleh AHM, tetapi juga agen pemegang merek (APM) motor lain, yang juga sama-sama mengejar penjualan sebelum kebijakan uang muka syariah diterapkan per 1 April.

Khusus AHM, lanjutnya, munculnya sejumlah varian baru dalam beberapa waktu terakhir menjadi pemicu tingginya penjualan motor Honda. Terutama di segmen motor sport, yang tumbuh signifikan sekitar 70%-80%.

“Terutama  untuk Honda CB150R dan Versa 150R. Dua tipe itu saja penjualannya sudah 25.000 unit dari sekitar 30.000 unit [total motor sport yang terjual] pada Maret. Kalau tahun lalu itu rata-rata penjualan motor sport per bulan hanya sekitar 15.000-20.000 unit,” terangnya.

Skutik, lanjutnya, juga mengalami pertumbuhan penjualan dan masih mendominasi pasar motor Honda di Tanah Air. Honda Beat dan Vario menjadi model terlaris di segmen skutik, dengan rata-rata penjualan masing-masing per bulan sekitar 150.000 unit dan 110.000 unit.

“Sedangkan motor bebek hanya 80.000 per bulan. Turun lumayan sekitar 40%-50% [pada kuartal I] karena tahun lalu itu rata-rata per bulan sekitar 100.000 unit,” kata Thomas.

Iklan

Komentar»

1. Hanafi (@HanafiSE) - 4 Juni 2013

Cewenya cakep, tapi verza sucks, speedometer spt plastik murahan.. (verza temen gw digitalnya dah rusak hanya 2 bulan pakai) Demi kejar angka penjualan, Honda menggunakan trik2 yg memalukan. Jika ingin unjuk gigi di sport, CB150 doang elo genjot penjualannya, jgn verza yg murah2an di ikutsertakan. Malu2in tuh, verza gw kira motor china wkkw. Sama seperti spacy pantat besar (dilihat dari blkg mirip naik lembu) yg terlalu dipaksakan buat total penjualan matik. Apalah hebatnya satu merek, kalau yg dijaga bukan kualitas, tapi hanya kuantitas diperhatikan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: