jump to navigation

Penjualan Mobil Nasional Kuartal I/2013 Naik 8% 9 April 2013

Posted by autoblogindonesia in Uncategorized.
trackback

Gudang Astra Mobil

Kondisi pasar mobil pada tiga bulan pertama tahun ini masih positif, dengan pertumbuhan penjualan berkisar 18% dibandingkan dengan periode yang sama 2012, meski sempat dibayangi pesimisme para pengusaha otomotif nasional.

Data penjualan mobil sementara yang dicatat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan penjualan mobil di Tanah Air selama periode Januari-Maret mencapai 297.785 unit atau tumbuh 18,7% dibandingkan pencapaian kuartal I/2012 yang sebanyak  97.811 unit.

Posisi puncak masih ditempati Toyota, meskipun pada Maret turun 3,8%, dengan total angka penjualan 105.222 unit atau tumbuh 8,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Berikutnya ada Daihatsu, yang mengambil-alih posisi kedua pasar otomotif nasional setelah sempat direbut oleh Suzuki pada Februari lalu, dengan membukukan kumulatif penjualan sebanyak 42.197 unit selama Januari-Maret atau tumbuh 5,23% dibandingkan dengan pencapaian kuartal I/2012.

Sementara itu, Mitsubishi menempati posisi ketiga dengan angka penjualan kendaraan sebanyak 39.576 unit atau tumbuh 8,23%. Kemudian diikuti oleh Suzuki, dengan total penjualan kendaraan sebanyak 36.237 unit atau tumbuh signifikan 41,3%.

Gaikindo sendiri memprediksi pasar otomotif nasional pada 2013 tak akan tumbuh atau stagnan di kisaran 1,1 juta unit seperti tahun lalu. Banyak faktor yang berpotensi menurunkan permintaan mobil, a.l. penerapan aturan pembiayaan syariah dan berlarut-larutnya kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan.

Mukiat Sutikno, Wakil Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia, menilai salah satu faktor yang membuat pasar otomotif nasional cukup atraktif pada kuartal I/2013 adalah sengitnya perang diskon antar-ATPM.

Terlepas dari itu, dia menilai secara kapasitas memang pasar mobil Indonesia masih sangat berpeluang untuk tumbuh tinggi.

“Apakah tahun ini akan melampaui  target [penjualan mobil Gaikindo] 1,1 juta unit? Itu sangat tergantung dari keberlanjutan kebijakan dan penambahan infrastruktur jalan,” jelasnya kepada Bisnis, Rabu (4/4).

Kendati demikian, Mukiat mengatakan penjualan Hyundai belum menunjukan peningkatan pada tiga bulan pertama tahun ini karena masalah keterlambatan pasok kendaraan dari principal pusatnya di Korea.

“Pasokan mobil kami terlambat, baru datang Maret. Jadi baru pada kuartal II akan melesat,” yakinnya.

Menurut Mukiat, penurunan pasar Hyundai di Indonesia bukan Karena faktor recall yang terjadi di Amerika Serikat. Dia menegaskan bahwa tidak ada mobil Hyundai yang mengaspal di Indonesia masuk dalam daftar kendaraan yang di-recall oleh prinsipalnya.

“Karena Hyundai yang di Indonesia beda spesifikasinya dengan  yang di sana [AS]. Jadi tidak ada pengaruhnya,” tutur dia.

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: