Iklan Suzuki Change & Challenge 2011 3 Januari 2012
Posted by autoblogindonesia in ATPM, Marketing, Strategy, Suzuki.Tags: Change and challenge, Iklan, Suzuki, TVC
trackback
Kiprah Suzuki Roda di tanah air dalam kurun 6 tahun terakhir ini memang sangat mengkwatirkan pinsipal Jepang maupun ATPMnya di tanah air. bagaimana tidak, tahun 2003 sampai dengan tahun 2005 market share Suzuki masih bertengger diatas 20%, puncaknya tahun 2004 sempat unggul tipis dari Yamaha, market share Suzuki saat itu 21,7%. Setelah masa puncak tersebut market share Suzuki menungkik dan paling drastis dari tahun 2008 ke tahun 2009. Klimaknya pada tahun 2011 market share Suzuki Indonesia di kisaran 6,xx%.
Artikel ini akan membahas iklan TV Suzuki di beberapa stasiun televisi nasional yang konon termasuk untuk regional ASEAN, TVC dengan tema Change and Challenge 2011 itu menampilkan evolusi Suzuki Roda 4, Roda 2 dari zaman doeloe sampai Rizzla Suzuki. Sepertinya tidak fokus ke Roda 2 maupun Roda 4.
Menurut autoblogindonesia, TVC tersebut tidak mempunyai target dan tidak efektif untuk meningkatkan citra Suzuki di tanah air baik untuk Roda 4 mau pun Roda 2, di sini akan di bahas khusus untuk Roda 2:
- Untuk ke MotoGP, semua sudah tahu Suzuki sudah mundur dari balapan paling bergengsi dan prestasi Rizzla Suzuki jauh di bawah Team Yamaha Factory Racing dan Repsol Honda. Jadi di sini image kencang tidak efektif sama sekali.
- Kemudian menampilkan moge-moge Suzuki yang kurang populer di tanah air, mungkin Suzuki mau menunjukkan mereka juga punya produk-produk Hi Tech, tapi tetap tidak efektif.
- Produk-produk yang sudah beredar disini tidak tersentuh sama sekali, bahkan Suzuki teranyar Nex yang baru saja launching belum tersentuh sama sekali.
Ada baiknya budget untuk TVC sebaiknya menggunakan local content seperti yang era Shogun 110cc yang sukses dengan iklan TVC dengan pelawak Mami.
Bagaimana menurut Mas Bro sekalian?
Nice info Gan, keep posting !
Payah tuh sizuki, masak market share turun terus tanpa gebrakan berarti, cocoknya tagline yamaha untuk suzuki indonesia saja, suzuki semakin pasrah.
Ayo bangkit Suzuki, mudah2an tahun baru 2012 merupakan momen kebangkitanmu.
:peace:
Tambahan, Video Iklan Suzuki Nex:
product monoton, andalan cuma buat alay thok (tepuk jidat) mo maju dari mana, padahal segment gak cuma itu trus yang laen kemana ?? parah dah ,
artikel yg bagus…
Setuju Mas Bro…Suzuki hrs segera bangkit…padahal produknya bagus lho….
sekecil apapun usaha dan kerja keras yang dilakukan, Insya Alloh akan membuahkan hasil, walaupun, hasil yg dicapai tidak seperti yg diharapkan. lanjutkan change and challenge.
asikkkkk,….
http://blogbikers.wordpress.com/2012/01/03/horeeeee-undian-lagiiii-kali-ini-knee-shin-protector-merek-ahrs-hadiahnya-bro/
Bener banget tuh masbro. Suzuki harus mempunyai cara yang lebih efisien agar bangkit dari keterpurukannya.
iklan keliru sasaran mas bro,walopun kita tau soal moge suzuki..toh tetap tak mampu terbeli,alangkah baik jika suzuki mengiklankan produk lokal yang beredar disini misalnya,thunder 125,FU,smash series,ataupun shogun series
yup menurut saya iklan tsebut, tidak mewakili suzuki indonesia….saya yakin pasti suzuki punya devisi iklan sendiri, mungkin ini adalah keinginan dari principal jepun sana mas bro 😀
http://myskywave.wordpress.com/2012/01/04/berfikirlah-sebelum-anda-memutuskan-untuk-membeli-motor-dari-salah-satu-merek-pabrikan/
Mungkin Suzuki mau bangun image bahwa merk Suzuki adalah merk dunia yang memproduksi mobil dan motor. Dengan adanya iklan ini diharapkan tertanam image kalau merk Suzuki termasuk merk keren. Mungkin lho ya….
yang paling bikin gue bikin geleng2 kepala.., suzuki kok bisa2nya pake bintang iklan sekumpulan homo yang alay2.., buat bintangin iklan skutiknya.., semakin muntah aq dibuatnya,,,