jump to navigation

Strategi Produk AHM 2011 = Strategi TMC ??? 4 Januari 2012

Posted by autoblogindonesia in ATPM, Honda, Marketing, Strategy, Toyota.
Tags: , , , ,
trackback

Tahun 2011 merupakan tahunnya AHM, mereka berhasil mendongkrak pangsa pasar dari sekitar 46% menjadi 52% lebih, sementara para kompetitornya mengalami penurunan pangsa pasar yang signifikan bahkan angka angka penjualan juga lebih kecil dari pada penjualan tahun lalu. Salah satu strategi yang dilakukan AHM adalah menluncurkan produk produk untuk mengisi semua segment, mulai dari high end sampai entry level, belum lagi permodelnya dibuat beberapa varian , contohnya segmen bebek ada Absolute Revo, ada yang Spoke Wheel, Casting Wheel, Deluxe (sudah discontinue) sampai paling entry level Revo Fit. Yang lebih premium dilayani dengan Supra series.

Gempuran yang paling dashyat tentu saja pada segment paling gemuk, yaitu skutik. Squad AHM adalah yang paling lengkap untuk memenuhi segala segmen, untuk entry level ada Beat, Spacy dan Scoopy yg modelnya modern retro, segmen middle level ada Vario-series dan yang high end tentu saja PCX. Dari entry level sampai middle level semuanya memakai mesin 110cc dan hanya PCX yang 125cc.

Untuk segmen sport, AHM masih harus kerja keras untuk menyalip penjualan Sport Yamaha yang masih perkasa sampai akhir tahun 2011. Walaupun mempunyai produk yang hi-tech seperti CBR-series 150cc dan 250cc, tapi secara pricing sangat segmented, khusunya CBR-150 yg belum dapat head to head dengan sang pemimpin pasar Yamaha V-Ixion.

Nah… apa yang dilakukan AHM ada persamaannya dengan yang dilakukan Toyota Motor Corporation selaku Big Brother di negri matahari terbit yaitu:

  1. Keduanya adalah Market Leader di kategori masing masing.
  2. Mempunyai produk yang paling lengkap di banding kompetitor mereka.
  3. Mengisi semua segment, baik secara gender, usia, status, utility dan sebagainya. Dari segi utility AHM sebagai trend setter dengan varian Helm in.
  4. Cepat dan tanggap dengan faktor external yang uncontrollable, misalnya maraknya isu lingkungan di tanggapi TMC dengan Hybrid Technology, sedangkan AHM dengan mendeklarasikan pemakaian FI. Bila tahun ini harga BBM berfluktuasi naik, jajaran produk yang mempunya image ”Irit” akan lebih diuntungkan.
  5. Produk life cycle lebih cepat, baik dengan update fitur maupun facelift.
  6. Sama sama mempunyai fasilitas dan produksi yang besar.

Tentu saja tulisan diatas hanya sedikit faktor dari Grand Strategi AHM di tahun ini.

Mungkin ada yang dapat Mas Bro tambahkan.

Komentar»

1. nanared - 4 Januari 2012

bahkan kalo perlu benturkan langsung head to head dengan kompetitor yang mengancam
*kasus nu blade vs nu jupiter z

autoblogindonesia - 4 Januari 2012

Toyota juga melakukan terhadap MPV besar Nissan dengan Alphard/Vellfire.
Salam Kenal Mas Bro.

2. Taufik - 4 Januari 2012

sama sama astra, biasanya satu otak marketing , cmiiw

autoblogindonesia - 4 Januari 2012

Terima kasih kunjungannya Mas Taufik.
Imho, Bisa saja Astra menyerap ilmunya dari sono dan menerapkannya di sini 😀

3. dara - 4 Januari 2012

Yamaha kan divisi motornya Toyota global…xixixi

autoblogindonesia - 4 Januari 2012

Toyota pernah membeli saham Yamaha sebesar 5% pada era tahun 90an, kemudian menjual pada waktu krisis tahun 2008.
Saat ini belum tau tepatnya sisa saham Toyota di Yamaha apakah masih ada. Tapi sampai saat ini Yamaha masih menyuplai mesin2 untuk mobil Toyota. Terima masih kunjungannya.

4. justmyimage - 4 Januari 2012

salam hangat mas autoblogindonesia

justmyimage
kereeen analiza’y mzbro.. 🙂

autoblogindonesia - 4 Januari 2012

Salam juga Mas Bro.
Terima kasih atas kunjungannya.

5. keko - 4 Januari 2012

Keduanya adalah market leader, jadi taktik dan strategi bisa saja lebih kurang sama, di samping itu mereka juga menerapkan kaizen dengan baik.

6. jofrin - 4 Januari 2012

wah strategi bantai habis dari AHM donk…setelah bantai habis di penjualan skrg menular di balap road race…dari mekanik sampai pembalap yg biasa di Yamaha jadi diboyong ke Honda semua….benar2 bakal menarik aja persaingan tahun ini

7. Dr.Feelgood - 5 Januari 2012

strategy plus ditunjang sdm dan sda yg cukup handal menjadi sebuah penentu kesuksesan astra group.

titip lapak mas boleh yah hehe, thanks https://ubahhaluan.wordpress.com/2012/01/04/motor-konsep-memang-punya-cita-rasa-tersendiri/

8. timberland - 5 Januari 2012

Strategy palugada, apa lu mau gue ada 😀

9. Ohayo - 5 Januari 2012

sebagai pemimpin pasar, sudah sewajarnya karena punya kekuatan yang lebih gede.

10. uungferi - 5 Januari 2012

tentunya strateginya,…. sebagai market leader bukan berarti tidak bisa tumbang,….

uungferi - 5 Januari 2012
11. anton nugroho - 6 Januari 2012

kirain TMC blognya pak haji taufik, hi..hi.. pak haji kayaknya sempat kecele deh, ayo ngaku……….

12. soundcloud marketing - 14 Maret 2014

Howdy! I know this is somewhat off topic but
I was wondering which blog platform are you using for this site?
I’m getting tired of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking aat options for another
platform. I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

13. yamaha r15 Indonesia 2014 - 18 Maret 2014

I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure
whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem.
You’re amazing! Thanks!

14. harga yamaha r15 indonesia - 19 Maret 2014

you’re truly a just right webmaster. The web site loading
pace is incredible. It sort of feels that you are doing any distinctive trick.
Furthermore, The contents are masterpiece. you’ve done a magnificent task on this matter!

15. car shipping hawaii to california - 20 Maret 2014

What’s up to all, how is all, I think every one is
getting more from this site, and your views are good designed for new users.

16. hargahondaterbaru.com - 3 Mei 2014

I enjoy reading an article that can make men and women think.
Also, thank you for allowing me to comment!

17. xe toyota camry 2.5q 2014 - 21 Oktober 2014

xe toyota camry 2.5q 2014

Strategi Produk AHM 2011 = Strategi TMC ??? | autoblogindonesia


Tinggalkan komentar