jump to navigation

Toyota Group Produsen Mobil No.1 Dunia 29 Januari 2013

Posted by autoblogindonesia in News, Toyota.
trackback

Toyota Juara Dunia 2012

Toyota memastikan diri sebagai kelompok dengan penjualan terbanyak di dunia pada 2012 dengan mengalahkan General Motors dan Volkswagen. Prestasi ini menunjukkan Toyota bisa pulih dengan cepat, termasuk menggembalikan kepercayaan konsumen di Amerika Serikat setelah recall besar-besar pada 2010.

Penjualan Toyota tahun lalu termasuk Daihatsu dan Hino naik 23 persen menjadi 9,75 juta unit, di atas kelompok GM 9,29 juta unit dan VW Group 9,07 juta unit.

Saat  Eropa dilanda krisis utang, Toyota justru memperoleh kenaikkan 2 persendengan penjualan 837.969 unit. Pemicunya, permintaan mobil hibrida yang terus naik.

Menurut Autodata Corporation, di Amerika Serikat, pangsa pasar Toyota juga naik menjadi 14,4 persen dari tahun sebelumnya 12,9 persen, mendekati pemimpin pasar, GM 17,9 persen. Penjualan kawasan itu naik 27 persen menjadi 2,08 juta unit berkat pertumbuhan permintaan Lexus dan Scion.

Di negara asalnya, penjualan Toyota melesat 35 persen menjadi 2,41 juta unit. Generasi terbaru Prius, Aqua (Prius C) menjadi salah satu kunci utama kenaikkan tersebut. Untuk ekspor, juga tumbuh 19 persen, mencapai 7,33 juta unit.

Hanya di China, Toyota kurang beruntung. Penjualannya di negara tersebut turun pertama kalinya sejak 2002. Padahal, diharapkan negara ini sebagai salah pasar terbesar dengan jumlah penjualan 1 juta unit lebih, setelah Jepang dan Amerika Serikat.

Prius Aqua

Andalan
Tahun ini, Toyota berharap bisa mengadalkan pasar AS untuk mendongkrak target penjualan menjadi 9,91 juta unit. Nilai tukar yen yang melemah diharapkan akan memberikan keuntungan makin besar dari ekspor. Di samping, daya saingnya makin meningkat terhadap merek asal Korea Selatan. Toyota berharap, ahun ini pasar di China pulih kembali.

“Toyota telah pulih dari gempa bumi tahun lalu. Produsen mobil Jepang, termasuk Toyota akan terus mendapatkan keuntungan dari pasar AS yang menguat,” komentar Satoshi Yuzaki, General Manajer Takagi Securities Company di Tokyo yang dikutip Autonews, (28/1/2013).

Toyotai #1 di dunia sejak 2008 dengan mengalahkan GM yang bertahta selama 77 tahun. Namun sempat tergelincir, dikalahkan GM d akibat gempa bumi Jepang dan banjir Thailand pada 2011. Tahun lalu, Toyota dan kelompoknya kembali berjaya!

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan komentar